Homestay yang Cocok Menurut Karakter dan Tipe Perjalanan Kamu

By Singgih Tri Prasetya - February 07, 2018

Pengertian Homestay sendiri adalah rumah tinggal atau bangunan tempat tinggal yang dijadikan sebagai tempat singgah sementara bagi para tamu atau wisatawan. Pada dasarnya perubahan fungsi rumah ini dipengaruhi karena lingkungan tempat tinggal pemilik property ini lokasinya dekat dengan landmark ataupun pusat keramaian yang sering dikunjungi oleh tamu dari luar kota. Naah dari perubahan fungsi rumah inilah memberikan nilai ciri khas untuk setiap homestay.

Nilai ciri khas ini masih terbawa meskipun bangunan sudah beralih fungsi, daaan setiap Homestay memiliki ciri khas sendiri ya. Sebagai contoh dilihat dari segi kepemilikanya, misalkan pemilik rumah suka warna warna cerah yaa pastinya rumahnya dan design interiornya pasti ramai dengan warna warna cerah ya. Contoh yang lainya misalkan peralihan fungsi rumah ini terjadi di daerah pedesaan yang menjunjung nilai nilai adat di lingkungan ini, tentunya dari segi fisik bangunan dan peraturan adat disini aromanya masih sangat terasa ketika kita berkunjung dan menginap disalah satu homestay tersebut.

Naah kali ini penulis akan membahas ciri khas homestay yang ada di Dieng, Jawa Tengah yang pernah saya kunjungi.  Memilih Homestay sebagai tempat kita bermalam tentunya berbeda ketika kita memilih Hotel sebagai pilihan tempat bermalam. Di Hotel tentunya memiliki standard an SOP tertentu dalam melayani tamu. Bagaimana dengan Homestay? Yaaaa… ada beberapa yang sudah atau malah seperti Hotel dalam hal standar pelayanan. Namun banyak pula yang dalam hal pelayanan sangat ramah, saking ramahnya sampai merasa tidak enak dalam bahasa jawanya itu merasa “ngrepoti”. Inilah yang membedakan menginap di Hotel dengan di Homestay. Kalau di Hotel ada standard an batasan batasan tertentu sedangkan di Homestay semua tergantung kepada pemilik Homestay. Kalau wisatawan beruntung maka akan menemukan homestay dimana tamu dianggap seperti saudara. Culture orang Jawa ini memang menjadi ciri khas dimana mereka susah membedakan mana urusan bisnis dan urusan persaudaraan.

Dari perbedaan tersebut ada kelebihan dan kekurangan masing masing ya, misalkan tamu yang lebih menyukai menjaga privasi mungkin akan kurang nyaman dengan pemilik homestay yang suka menemani tamu dan mengajak ngobrol berlama lama. Hmmmm tetapi jangan khawatir, banyak kok Homestay di Dieng yang tidak ditunggu oleh pemiliknya. Naah untuk lebih jelas lagi bagaimana karakter karakter atau ciri khas dari Homestay Homestay di daerah Dieng ini, kita simak poin-poin dibawah ini ya:


Homestay untuk wisatawan dengan keluarga (Family Homestay)

Apabila anda membawa rombongan keluarga baik dalam jumlah besar ataupun kecil, saya sangat menyarankan untuk memilih Homestay dengan pemilik menjadi satu dalam satu rumah. Ini sangat menguntungkan tentunya karena mungkin sewaktu waktu kita memerlukan kebutuhan keluarga yang mendadak, maka tentunya pemilik rumah akan membantu merekomendasikan dimana kita melengkapi kebutuhan keluarga kita. Keuntungan lainya kita akan membaur dengan keluarga pemilik rumah diruang santai dan seperti menginap ditempat saudara.


Homestay untuk Backpacker rombongan
Homestay yang cocok buat backpackeran rame rame bersama teman adalah di homestay yang terpisah dengan pemilik rumah dan carilah yang tipe Villa. Ini sangat saya sarankan karena  tamu bisa gila gilaan nyanyi nyanyi sampai malam pun tidak menjadi masalah karena tidak menggangu pemilik Homestay atau tamu lain.



Homestay untuk pasangan baru menikah









Homestay yang cocok untuk pasangan baru menikah ini adalah homestay yang dijaga tetapi memiliki banyak kamar, dimana pemilik rumah memiliki kesibukan tersendiri. Hehehhee tentunya pasangan baru menikah ini membutuhkan lebih banyak waktu privasinya. Disini kehadiran pemilik rumah tidak terlalu penting bagi tamu pasangan muda ini. Karakter homestay ini biasanya homestay ini memiliki banyak kamar hampir mirip seperti hotel. Keuntunganya  pemilik rumah masih tetap memantau apabila ada kebutuhan tamu yang kurang, akan tetapi kehadiran pemilik rumah dapat dipastikan tidak punya banyak waktu untuk sekedar duduk duduk bersama.

Demikian homestay homestay yang ada di kawasan Dieng. Sebenarnya banyak sekali ciri khas dan karakter dari setiap homestay. Namun saya hanya mengelompokkan berdasarkan kebutuhan privasi wisatawan atau tamu yang akan menginap disini. Kawan kawan juga bisa menambahkan karakter di kolom komentar nanti tulisan bisa saya update. O iya, selain karakter diatas tentunya yang paling utama yang biasanya sebagai bahan pertimbangan dalam memilih homestay adalah masalah kebersihan, fasilitas, harga dan lokasi. Dalam kesempatan selanjutnya akan saya bahas satu per satu ya.
Happy Holiday 😎😎😎

  • Share:

You Might Also Like

0 comments